Contoh RPP hasil sosialisasi Kurikulum 2013..The Sunan Hotel Solo...
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri Kebondalem
Kelas/Semester : I / 1
Tema : 2. Kegemaranku
Sub Tema : 3. Gemar Menggambar
Pertemuan
Ke- : 3 (tiga)
Alokasi Waktu :
1 hari (5 JP)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Memiliki periaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
PPKn
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
PJOK
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang
dilandasi konsep gerak (seperti konsep : tubuh, ruang, hubungan dan usaha)
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
SBDP
3.1 Mengenal
cara dan hasil gambar ekspresi.
4.14 Membuat karya kreatif dengan
mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel bentuk
pola dan alur sederhana.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
PPKn
1. Bekerja sama dalam kegiatan
membuat karya kolase
PJOK
1. Melakukan gerakan lokomotor
berlari sesuai arahan.
SBDP
1. Melukis dengan jari (finger
painting)
2. Melukis dengan teknik
pencerminan.
3. Menggambar dengan teknik
kolase
D. Tujuan
pembelajaran
1. Siswa mampu membuat gambar
sesuai dengan teknik yang diperagakan dengan benar.
2. Siswa mampu melakukan gerak
lokomotor berlari sesuai arahan guru dengan benar.
3. Siswa mampu membuat karya
kolase sambil melakukan gerak lokomotor secara berkelompok sesuai dengan waktu
yang ditetapkan.
E. Materi
ajar
PPKn
1. Membuat karya kolase.
2. Bekerja sama
PJOK
1. Melakukan gerak lokomotor.
2. Melakukan lari sesuai arahan.
SBDP
1. Melukis dengan jari.
2. Melukis dengan teknik
pencerminan.
3. Melukis dengan teknik
F. Pendekatan dan Metode pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan.
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kontak
4. Mengajak semua siswa menyanyi “BALONKU”
5. Bertanya jawab tentang syair lagu yang berisi tentang
warna-warni.
6. Meminta informasi kepada siswa apa saja benda yang telah
dilihatnya saat berangkat sekolah.
7. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
membuat “GEMAR MENGGAMBAR”
|
15’
|
Inti
|
1. Menayangkan/memperlihatkan gambar sederhana dan teknik
menggambar (eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar
buah dengan 3 teknk :
·
Gambar buah dengan teknik
kolase.
·
Gambar buah dengan teknik
melukis dengan jari.
·
Gambar buah dengan teknik
cetak pencerminan.
|
135’
|
2. Bertanya jawab tentang gambar yang di sukai siswa (eksplorasi,
menyimak, menanya, menalar)
·
Mendengarkan jawaban
siswa tentang warna gambar.
·
Memberikan kesempatan
siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan siswa dalam
memberikan jawaban.
·
Memperhatikan siswa yang
tidak berani memberikan jawaban.
·
Mendorong keberanian
siswa untuk menjawab dan memberikan alasan.
|
||
3. Guru membuat gambar buah kemudian di tempel di papan.
·
Siswa diminta menempelkan
potongan kertas berwarna di atas gambar buah dengan lem.
·
Semua siswa melakukan
samapi gambar bauh penuh dengan potongan warna.
·
Guru memberikan
keterangan bahwa hal tersebut adalah teknik menggambar kolase.
|
||
4. Guru memberi contoh menggambar dengan jari
|
||
5. Guru menyiapkan kertas gambar kemudian dilipat.
·
Salah satu halaman
lipatan digambar dengan cat air
·
Setelah selesai
menggambar, kertas ditutup dan direkatkan.
·
Setelah merata kemudian
kertas dibuka.
·
Siswa melihat hasil
gambar setelah proses melipat.
·
Guru menjelaskan bahwa
hal tersebut adalah mencetak dengan teknik pencerminan.
|
||
6. Guru mengajak siswa keluar kelas, dengan kegiatan sebagai
berikut :
·
Guru membuat lapangan
kecil dengan menggunakan garis kapur atau tali.
·
Guru membentuk siswa
menjadi 4 kelompok.
·
Masing-masing kelompok
menempati pos yang sudah disiapkan guru.
·
Di dalam pos sudah
tersedia gambar sketsa buah dan potongan kertas berwarna.
|
||
|
7. Membuat permainan.
·
Saat diberi aba2 “lari”,
semua siswa keluar dari pos dan berlari ke segala arah di dalam batas
lapangan.
·
Saat mendengar aba-aba
“mulai”, siswa menuju pos dan menempel potongan kertas warna ke dalam sketsa
buah.
·
Kegiatan dilakukan
berulang-ulang sampai ada salah satu kelompok yang sudah selesai.
|
|
8. Guru bertanya jawab tentang kegiatan.
|
||
9. Guru memberi kesempatan siswa untuk bercerita tentang apa yang
sudah dikerjakan (guru mengamati cara siswa bercerita/penilaian proses)
|
||
10. Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang cara menggambar.
|
||
11. Hasil kegiatan siswa ditempel di papan
|
||
Penutup
|
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan
|
25’
|
2. Bertanya jawab untuk mengetahui ketercapaian tujuan
|
||
3. Melakukan penilaian
|
||
4. Berdoa untuk mengakhiri pembelajaran
|
H. SUMBER DAN MEDIA
1. Diri anak
2. Lingkungan kelas
3. Lingkungan sekolah
4. Buku tematik kelas I
5. Gambar buah
6. Potongan kertas warna
7. Lem
8. Tali untuk membuat lapangan.
I. PENILAIAN
1. Prosedur penilaian.
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan selama
pembelajaran.
b. Penilaian Hasil Belajar.
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis atau
lisan
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Produk
3) Penilaian Pengetahuan
b. Penilaian Hasil Belajar
1) Isian singkat
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Ani
Susiati, S.Pd
|
Pemalang,
Juli 2013
Guru
PJOK
Yuli
Santoso
|
A. Penilaian Kinerja
1. Kinerja Dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
|
|||
Kerjasama
|
Aktiv
|
Menghargai
Pendapat Teman
|
Tanggung
Jawab
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------
X 100
Jumlah
skor maksimal
2. Penilaian Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Presentasi
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
|
Jml Skor
|
Nilai
|
||||
Komunikasi
|
Sistematika Penyampaian
|
Penguasaan Materi
|
Keberanian
|
Antusias
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor
Komunikasi
|
Sistematika
Penyampaian
|
1. Tidak dapat komunikasi
2. Komunikasi lancar, kurang dimengerti
3. Komunikasi lancar, kurang jelas
4. Komunikasi sangat lancar,jelas dan mudah dimengerti
|
1. Tidak sistematis
2. Sistematis, uraian kurang, tidak jelas
3. Sistematis, uraian cukup
4. Sistematis, uraian luas, jelas
|
Wawasan
|
Keberanian
|
1. Tidak pengetahuan
2. Sedikit pengetahuan
3. Pengetahuan, materi kurang luas
4. Pengetahuan luas
|
1. Tidak ada keberanian
2. Kurang berani
3. Berani
4. Sangat berani
|
Antusias
|
Skor
Maksimal : 20
|
1. Tidak antusias
2. Kurang antusias
3. Antusias, kurang kontrol
4. Antusias dan terkontrol
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= -------------------------------------
X 100
Jumlah
skor maksimal
|
3. Penilaian Unjuk Kerja
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||
Kemampuan
lari
|
Penyelesaian
Tugas
|
Kerjasama
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor.
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
Skor Maksimal 12
Nilai
= ----------------------------------------
X 100
Jumlah
skor maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar